Cara Mengatasi Darah Tinggi

Cara Mengatasi Darah Tinggi

Cara Mengatasi Darah Tinggi – Mengobati tekanan darah tinggi memerlukan kombinasi efektif antara pengobatan dan gaya hidup sehat. Dengan konsisten melakukan dua hal tersebut, maka dapat dipastikan tekanan darah Anda perlahan akan turun dan normal kembali.

Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg atau lebih rendah. Apabila tekanan darah sistolik (angka atas) antara 121 – 139 dan tekanan darah diastolik (angka bawah) antara 81 – 89, maka ini disebut prehipertensi. Anda dikatakan memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) apabila tekanan darah mencapai angka 140/90 mmHg.

Saat ini sekitar 7 dari 10 orang dewasa berada pada risiko tinggi terkena stroke atau serangan jantung karena tekanan darah mereka terlalu tinggi. Aktivitas yang padat, kurangnya berolahraga, dan banyak mengonsumsi makanan cepat saji menjadi pemicu munculnya penyakit hipertensi.

Cara Mengatasi Darah Tinggi

Jika telah didiagnosis mengalami tekanan darah tinggi, Anda dapat melakukan serangkaian cara menurunkan darah tinggi secara alami berikut ini:

1. Olahraga secara rutin

Cara mengatasi darah tinggi yang pertama adalah olahraga ringan seperti joging yang Anda lakukan secara rutin. Cara ini membawa banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan penyerapan oksigen dan menurunkan tekanan darah dengan cara memperkuat jantung Anda.

2. Mengonsumsi yoghurt

Para ilmuwan menemukan cara mengatasi darah tinggi dengan yoghurt. Para ilmuwan menyebutkan bahwa yoghurt kaya akan kalsium mampu membuat pembuluh darah Anda lebih lentur. Hal ini pun akan bermanfaat untuk sirkulasi darah di dalam tubuh Anda.

3. Rajin mengonsumsi pisang

Mulailah untuk memasukkan pisang sebagai menu sarapan Anda. Pisang diketahui mengandung kalium yang merupakan mineral pentung untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh dan membantu mengatasi darah tinggi.

4. Batasi asupan garam

Cara menurunkan darah tinggi secara alami dengan mengurangi asupan garam dari makanan yang Anda konsumsi. Garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri Anda. Oleh karena itu hindarilah mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan instan.

5. Turunkan berat badan

Diet ternyata dapat mengatasi darah tinggi. Berat badan yang berlebih turut menyumbang naiknya tekanan darah. Kelebihan berat badan akan membuat jantung Anda bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

6. Berhenti merokok

Nikotin yang terkandung di dalam rokok akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin ini akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan membuatnya bekerja keras. Jadi, berhenti merokok menjadi salah satu cara menyembuhkan darah tinggi.

7. Minum jus seledri

Seledri mengatasi darah tinggi dengan alami sesungguhnya sudah lama dipakai di dalam penyembuhan tradisional China. Penelitian sudah membutktikan bahwa minum jus seledri setiap hari sepanjang satu pekan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini didukung oleh tingginya kalium, mineral serta antioksidan yang ada di dalam seledri.

Seledri juga diketahui memiliki kandungan senyawa 3-N-Butilphthalide (BNP) yang berguna untuk merenggangkan atau melebarkan otot-otot dinding arteri hingga memungkinkan darah mengalir lebih lancar. Pthalides juga bisa mengurangi hormon stres yang dapat mengakibatkan pembuluh darah mengerut.

8. Kurangi kerja lembur

Dibandingkan dengan mereka yang memiliki jadwal kerja yang teratur, para pekerja yang bekerja lembur berpotensi untuk terkena tekanan darah tinggi hingga 29%. Alasanya, karensa lembur akan membuat Anda sulit mempunyai waktu untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Maka tidurlah teratur untuk mengatasi darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*