Cara Mengatasi Miss V Yang Gatal

Cara Mengatasi Miss V Yang Gatal

Miss V terasa gatal pastinya terasa tidak nyaman bagi wanita. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh aktivitas yang terlalu berlebihan atau kelelahan. Rasa gatal pada Miss V juga bisa disebabkan oleh iritasi, infeksi jamur atau bakteri, dan gejala penyakit berbahaya.

Rasa gatal pada Miss V bisa dirasakan oleh anak-anak hingga wanita dewasa. Umumnya, kondisi ini tidak akan berbahaya. Gatal pada miss V dapat terjadi karena satu atau beberapa hal. Diperlukan pemeriksaan oleh dokter untuk dapat mendeteksi kondisi yang dapat menyebabkan gatal. Hal-hal yang dapat menyebabkan Miss V gatal di antaranya adalah:

    Infeksi Jamur

Infeksi jamur atau biasa disebut kandidiasis pada miss, merupakan infeksi jamur yang tumbuh berlebihan pada Miss V dan vulva. Infeksi ini berisiko pada wanita yang sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan intim, dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah.

    Penggunaan Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimia juga dapat menyebabkan iritasi pada miss V akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan.

    Vaginosis Bakteri

Vaginosis bakteri yaitu infeksi yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan di dalam Miss V. Pada penderita vaginosis, bakteri baik di dalam miss V berkurang sehingga tidak mampu melawan infeksi. Akibatnya, rasa gatal pun muncul. Infeksi ini memiliki gejala seperti rasa perih, keluarnya cairan dan bau tidak sedap dari miss V.

    Menopause

Menopause juga menyebabkan miss V gatal. Hal itu karena turunnya produksi estrogen di akhir masa reproduksi wanita yang menyebabkan dinding Miss V menipis dan mengering, sehingga menyebabkan iritasi dan gatal.

Berikut 5 bahan alami untuk menghilangkan gatal pada kemaluan wanita:

Untuk mengatasi kondisi ini, kami menyarankan beberapa obat gatal vagina yang dapat yang bisa didapat dari bahan-bahan alami.

1. Cuka apel

Untuk produk cuka apelnya, pilihlah yang mentah dan tidak mengalami proses penyaringan. Biasanya terdapat tulisan “raw, unfiltered” pada kemasannya. Ciri lain dari cuka apel mentah yang masih mengandung banyak enzim adalah warnanya keruh, tidak bening.

Cuka apel sangat mujarab menyembuhkan gatal yang disebabkan infeksi jamur (Candidiasis karena jamur Candida) maupun bakteri (bakterial vaginosis). Hasil riset yang dilakukan para ilmuwan di Bulgaria mendapati, kandungan asam asetat dalam cuka apel berkhasiat menghancurkan jamur, termasuk Candida. Selain itu, asam asetat dalam cuka juga mampu menstabilkan pH organ intim yang meningkat akibat infeksi bakteri.

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami menggunakan cuka dapat dengan merendam tampon ke dalam campuran cuka apel dan air (50:50). Setelah itu, masukkan tampon ke dalam Miss V, diamkan selama 30-60 menit. Sesudah dikeluarkan, bersihkan Miss V dengan air hangat, lalu keringkan.

Alternatif lain adalah dengan menambahkan 2 cangkir cuka apel ke dalam air mandi, lalu gunakan untuk berendam selama 20 menit. Metode ini dapat mengurangi gatal yang disebabkan karena iritasi, eksim, serta infeksi bakteri atau jamur.

2. Minyak kelapa

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami berikutnya adalah dengan minyak kelapa murni. Virgin coconut oil juga ampuh meredakan gatal yang disebabkan eksim, bakterial vaginosis, serta infeksi candida.

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menenangkan kulit gatal, serta antimikroba untuk mengatasi infeksi. Kandungan asam laurat dalam minyak ini juga ampuh menghambat pertumbuhan infeksi bakteri sekaligus menutrisi kulit rusak akibat eksim. Selain itu, minyak kelapa juga mampu melembabkan organ intim yang kering.

Semua pernyataan tadi didukung oleh hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food. Dikatakan bahwa minyak kelapa jauh lebih berkhasiat atasi infeksi jamur dibanding fluconazole, obat yang biasa dipakai untuk mengatasi Candidiasis.

Cara menggunakan minyak kelapa dalam hal ini tak jauh beda dengan cuka apel tadi. Anda dapat merendam tampon ke dalam minyak kelapa murni yang sudah diencerkan, lalu diamkan itu selama 8 jam atau semalaman.

Setelahnya baru bilas organ keintiman menggunakan air hangat. Keringkan dengan benar sebelum memakai pakaian dalam. Lakukan setiap hari bila perlu. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak tea tree ke dalam minyak kelapa untuk memperkuat efek antibakterinya.

3. Tea tree oil

Bahan alami lain yang ampuh atasi gatal akibat infeksi jamur, bakteri, atau eksim adalah tea tree oil. Alasannya karena minyak ini bersifat antibakerial, antijamur, serta antiradang. Menurut informasi yang dimuat dalam jurnal Clinical Microbiology Reviews, yang membuat tea tree oil berkhasiat adalah komponen bernama terpinen-4-ol. Agen antimikroba ini efektif mengatasi kuman penyebab infeksi.

Ada beberapa cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami dengan tea tree oil:

Isilah mangkuk kecil dengan air hangat, lalu tambahkan beberapa tetes minyak tea tree, aduk rata. Gunakan air ini untuk membilas Miss V setiap hari.

Alternatif lain adalah seperti yang disebutkan tadi, yakni tambahkan beberapa tetes tea tree oil ke tampon yang sudah direndam minyak kelapa, lalu diamkan itu selama 30-60 menit.

Informasi tambahan lain yang perlu Anda ketahui adalah kombinasi minyak kelapa dan tea tree ini juga ampuh atasi gatal pada payudara.

4. Bawang putih

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami berikutnya mungkin tak banyak disukai orang karena aroma bawang putih dianggap kurang bersahabat. Akan tetapi fakta tersebut tidak menutup kenyataan bahwa bawang putih juga efektif atasi gatal akibat infeksi kuman.

Lebih dari sekedar antibiotik, bawang putih juga bersifat antikuman berkat kandungan alisinnya. Avicenna Journal of Phytomedicine menjelaskan bahwa kandungan antijamur bawang putih efektif atasi infeksi candida, sementara sifat antibakterinya ampuh meredakan infeksi di kulit serta vulva.

Hasil studi lain mengemukakan, konsumsi kapsul bawang putih dosis 500 mg sebanyak 2 kali sehari dapat meredakan gejala bakterial vaginosis. Faktanya, kapsul bawang putih ini didapati sama efektifnya dengan metronidazole, obat yang seringkali diresepkan untuk atasi infeksi jamur.

Oleh karenanya, rutinlah minum kapsul bawang putih setiap hari, atau jika mau, Anda bisa mengonsumsi irisan bawang putih segar. Kebiasaan ini tak hanya efektif hilangkan gatal pada organ keintiman, namun juga baik untuk sistem kekebalan sehingga tubuh jarang sakit.

5. Asam borat

Bahan alami berikutnya yang ampuh atasi gatal dan sensasi terbakar pada Miss V adalah asam borat. Pada kebanyakan kasus, asam ini lebih efektif timbang obat antijamur dan tidak menimbulkan ketergantungan. Hasil riset menjumpai kalau asam borat efektif atasi Vulvovaginal candidiasis, infeksi akibat jamur Candida albicans yang erat kaitannya dengan infeksi vulva. Anda tinggal menggunakannya dalam bentuk suppositoria (obat masuk). Masukkan suppositoria asam borat 2 kali sehari dalam Miss V selama 6-14 hari berturut-turut agar infeksi jamur hilang tuntas. Jika belum hilang juga, maka lanjutkan penggunaannya hingga 2 minggu berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*