Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Yang Sangat Jarang Diketahui

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Yang Sangat Jarang Diketahui
Daun Pandan

Siapa yang tidak kenal dengan daun pandan wangi. Daun ini begitu akrab di telinga masyarakat kita, karena aromanya yang khas dan wangi. Kalau bagi kalangan ibu-ibu, daun ini sangat tidak asing lagi, kalau membuat bubur biasanya menambahkan daun pandan sebagai penambah aroma dan rasa.

Siapa sangka, selain untuk menambah aroma masakan, ada banyak manfaat daun pandanuntuk kesehatan. Daun dengan nama Latin Pandanus amaryllifolius Roxb. ini ternyata bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, rematik, demam, pegal linu dan lain sebagainya. Selain untuk kesehatan, manfaat daun pandanuntuk kecantikan juga sangat luar biasa, daun panda bisa anda gunakan untuk mengatasi ketombe, menghitamkan rambut dan mengatasi rambut rontok. Sangat luar biasa sekali bukan?

Manfaat Daun Pandan

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jika anda mendapati tanda-tanda gejala hipertensi, sebaiknya segera diatasi. Anda hanya perlu merebus dua lembar daun pandan dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Minum dua kali sehari sampai tekanan darah Anda kembali normal

2. Menurunkan Kolesterol

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi rebusan daun pandan wangi akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Meringankan Gejala Rematik

Ambilah daun pandan yaang masih segar dua atau tiga lembar. Kemudian cuci dan iris kecil-kecil. Siapkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan dan sedu daun pandan dengan minyak tersebut. Aduk sampai rata, kemudian setelah dingin dapat digunakan sebagai minyak gosok pada bagian tubuh yang sakit.

4. Sebagai Obat Penenang

Jika kesulitan tidur, anda bisa memanfaatkan daun pandan. Kandungan zat taninnya memberikan efek ketenangan seperti pada manfaat coklat, sehingga dapat membantu cepat tidur. Caranya, ambillah daun pandan sebanyak dua lembar, cuci dan iris kecil-kecil. Seduh dengan segelas air panas, kemudian saring. Tunggulah hingga dingin dan minumlah sekaligus.

5. Menambah Nafsu Makan

Untuk mengembalikan nafsu makan, Anda bisa membuat teh rebusan daun pandan wangi. Caranya, rebus daun pandan dengan air. Setelah mendidih, tuang air rebusan daun pandan ke dalam sebuah gelas, lalu tambahkan madu atau gula secukupnya. Teh pandan hangat yang nikmat akan segera mengembalikan selera makan Anda. Selain menambah nafsu makan, wangi dari teh rebusan daun pandan sangatlah menggoda.

6. Mengobati Panu

Tidak hanya mengganggu penampilan, panu juga bisa membuat tidak nyaman akibat rasa gatal yang ditimbulkan. Untuk mengatasi panu, Anda perlu terlebih dahulu menghaluskan daun pandan. Setelah itu, peras airnya, lalu beri garam secukupnya. Minum satu kali sehari selama tiga hari.

7. Menurunkan Demam

Demam bisa menyerang siapa saja, orang dewasa hingga anak-anak. Demam biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Orang yang demam akan mengalami peningkatan suhu tubuh sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk menurunkan demam, Anda bisa meminum air seduhan daun pandan. Setelah itu, panas tubuh Anda akan segera turun dengan perlahan.

8. Mencegah Kanker

Tanpa kita sadari, sembarangan mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan tubuh menyimpan racun-racun berbahaya. Meminum teh daun pandan bisa membantu tubuh mengeluarkan racun-racun itu. Selain itu, teh pandan wangi juga ampuh menghambat zat karsinogen yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

9. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan tanda kurangnya serat atau cairan tubuh. Konsumsi jus daun pandan saat pagi dan malam hari dapat mengobatinya. Tak cuma jus, tehnya juga berkhasiat baik bagi kesehatan.Caranya rebus beberapa lembar daun pandan dan minum air rebusan selagi hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*